Rabu, 10 Agustus 2011

Gara-gara Baju Renang, Hubungan Diplomatik Australia-India Terganggu

Baju renang yang bergambar Dewi Laksmi

Bermula dari sepotong baju renang, kemarahan kini meningkat ke pertikaian diplomatik. Adalah ajang Australia Fashion Week 2011 yang menjadi pemicunya. Dalam satu pagelaran, seorang model berlenggak-lenggok di atas catwalk mengenakan baju renang bergambar Dewi Laksmi. Sang Dewi sangat dihormati dan dipuja umat Hindu India.

Pemerintah India telah membuat keluhan resmi kepada Komisi Tinggi Australia atas apa yang mereka sebut sebagai penodaan. Konsulat Jenderal India di Sydney telah mengambil tindakan dengan langsung menghubungi sang desainer.

Tak berhenti sampai di situ, Kementerian Luar Negeri India “menyampaikan keprihatinan yang mendalam” dan meminta “semua yang bersangkutan dapat mengetahui sensitivitas keagamaan di India dalam hal ini,” demikian bunyi petikan  pernyataan mereka.

Selama akhir pekan, seperti dilansir CNNGo, Partai Bharatiya Janata yang merupakan partai nasionalis Hindu  membakar bendera nasional Australia di selatan Hyderabad. Di barat laut Armritsar, kaum Punjabi turun ke jalan untuk memprotes hal itu.

Sang desainer, Lisa Blue telah meminta maaf pada halaman Facebooknya. “Kami ingin meminta maaf kepada siapa pun yang tersinggung. Kami memastikan gambar Dewi Lakshmi tidak akan muncul pada satupun pakaian renang kami untuk musim ini. Kami menjamin produk  ini tidak akan pernah tersedia untuk dijual dalam Stockist atau outlet ritel di mana pun di dunia.”

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika Klik Iklan dibawah ini 1x saja Iklan tidak keluar lagi
Terimkasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan disini linknya

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites